Dicek bro! Bagi yang Motornya sering Hajar Lubang..

Assalamu’alaikum ๐Ÿ˜€

Selamat malam guyssss ๐Ÿ™‚

Okedeh dikesempatan kali ini ane mau ngeshare aja bagi bikers bikers dimana aja yang sering ngehajar lobang lobang kampret :mrgreen:

Karena bagian kaki kaki motor kita sering banget ciuman ama lobang lobang yang entah datang tak diundang ( kalo bisa sih gak usah dateng ) , maka mesti diperatiin nih parts parts yang bisa rusak gara gara ngehajar lobangan

http://bezone.files.wordpress.com/2008/04/tophole.jpg

Ane sendiri sih jarang ngehajar lobang, soalnya ane jalannya lemot :mrgreen: didepan keliatan lobang langsung ambil jalan lain deeeh. Tapi kalo lagi ngebut ketemu lobang wah langsung salting kyk diliatin gebetan :mrgreen: gatau mesti ngapain, kalo ane sih tetep kendaliin motor, jangan panik, rem sebisanya tapi jangan hardbrake takutnya motor yg dibelakang nyundul.

Kalo terlanjur ngehajar lobang yah….. shockbreaker depan pun bunyi jedugggg.

Nah kalo sering kayak gitu mesti perhatiin parts parts yang rawan rusak bro! Jangan dibiarin, bisa kenapa kenapa dijalan.

Nah ini dia parts parts nya yg harus diperhatiin:

1. Ban

https://i0.wp.com/oto.berita21.com/files/2012/11/Ban-Motor.jpg

Of course yang pertama mesti dikasih perhatian itu ban! soalnya dia yg paling duluan ngerasain gimanaaa sih rasanya kejedot ama lobang…. mana mungkin velg duluan ato shockbreaker duluan :mrgreen: . Ban kalo kena lobang bisa melendung bre! CMIIW . Bahayaa kalo melendung bannya terus pecah dijalan, sewreeeeeeeeeeem. Ngehajar lobang juga bisa ngebuat angin dalam ban berkurang kalo gak pake pentil sih :mrgreen: . Bisa juga ngebuat ban retak retak ewhhh CMIIW

2. Velg

http://bennythegreat.files.wordpress.com/2012/09/img00034-20120919-1308.jpg

Comot punyanya om Benny :mrgreen:

Bagian setelah ban yang harus diperhatikan itu velgnya gan! Lobang bisa ngebikin bengkok tuh velg, lepih parah lagi yaa peyang seperti punyanya om benny itu. Kang iwb juga pernah ngalamin velg peyang gara gara ngehajar lobang, artikelnya disini.

Kalo velg udh pernah peyang ada dua cara yaitu cara hemat sama cara ga hemat :mrgreen: cara hemat ya kita mesti press velg yg peyang itu, tapi handling setelah press velg gak akan kerasa lebih nyaman sebelum velgnya peyang. Kalo mau nyaman lagi ya pake cara ga hemat, mesti beli velg lagi :mrgreen:

3. Shockbreaker

https://i0.wp.com/www.kiosban.com/wp-content/uploads/2012/02/sk.jpg

Bagian peredam kejut ini juga wajib diperhatiin coy! Soalnya ini nih mahluk yang paling rawan rusak kalo sering ngehajar lobang CMIIW. Kalo abis ngehajar lobang, cek ban…. sehat, cek velg…. sehat, shcokbreaker belom tentu sehat loh! ๐Ÿ˜ฎ

Parts shockbreaker yang sering rusak itu sil / seal karet nya. Dan kalo seal shock nya rusak, oli shockbreaker bisa keluar dari shockbreaker, dan nanti shockbreaker juga bakal kerasa keraaaas. Per shock juga sebaiknya diperhatikan, kayaknya motor ane per shock nya udh minta ganti nih. Sekarang shockbreaker udah kerasa keras beneerr ๐Ÿ˜ฆ

4. Komstir

http://mymotobike.com/EA_trailing_dashout/include/js/kcfinder/upload/images/MOTOBIKE,-q-n-a-komstir,-gotri-sesudah-diganti-(atas).jpg

Apalagi parts ini nih, yang gampaaang banget oblak. Kalo motor sering ngehajar lubang terus motor suka limbung bisa aja mahluk ini udah gembel. Termasuk pitbi ane yang dari pabrikannya komstir cepet oblak :mrgreen: udh gitu ane shock depan diturunin, jadi beban kebanyakan ke arah depan :mrgreen:

Udah gitu parts ini walopun kecil tapi harganya muahaaaal bagi yg ori, kalo yg kawewe sih ada yang murah, ada. Motor kerasa limbung, stang gampang oleng bisa jadi itu komstir udh gembel, menurut pengalaman ane aja sih ๐Ÿ˜†

5. Bearing / Klaher / Laher

https://i0.wp.com/image.made-in-china.com/2f0j00pCOTbcqhnerk/SKF-Angular-Contact-Ball-Bearing-7034-BEP-.jpg

Bentuknya kyk komstir ya :mrgreen:

Nah kalo bearing ini ada banyak mas bro di motor. Ada bearing roda , bearing gir , bearing velg, dll. Kalo motor ente sering ngehajar lubang trs dibagian ban ato gir ada yg goyang bisa dipastiin bearingnya kena tuh. Segera lah ganti, pengalaman ane laher roda itu pecah didalem velg. Sampe montirnya aja kaget, untung ane kagak kebalik tuh ๐Ÿ˜€

Ngehajar lobang ada efek negatif, ada.

Ada juga efek postif, ada.

Efek negatifnya pinggang jadi puegeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeel kata om paedhimas sih aihiihihi :mrgreen:

Efek positifnya rider yg tadinya ngantuk langsung jadi suegeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeer :mrgreen:

Terus bengkel bengkel motor jadi kedatangan duiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiid soalnya banyak korban biker yg hajar lobang lg ganti parts parts diatas kata bro yanusakti ๐Ÿ˜€

Yups sekian dari share ane yg gak mutu ini ๐Ÿ˜€

Mohon dikoreksi jika ada ya salah ๐Ÿ™‚

Malaaaaaaaaaaaam, sleeptight mas bro ๐Ÿ˜›

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in RD2 and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

84 Responses to Dicek bro! Bagi yang Motornya sering Hajar Lubang..

  1. megalodon150 says:

    nice info kang, ane mah bawa motor alon alon, jadi aman

  2. rusmanjay says:

    sip…. nice info.
    motor saya jarang kena lubang tapi kalau lewat jalan rusak sering :mrgreen:

  3. idadzzz says:

    haha.
    Sy mah cuek. . .
    Hajar lobang.
    Padahal mah dalam ht galau.

  4. paedhimas says:

    Satu lagi aul..
    pinggang pengendara ikut sakit., ๐Ÿ˜€

  5. putihviolet says:

    ane udah 2x stel velg :mrgreen: kalo ketemu lubang gapernah ngehindar apalagi ngerem, cuma berdiri :mrgreen:

  6. gc133hijrah says:

    Kalo udah keseringan, rangka juga retak bro… Ane sedang mengalami itu sekarang d megapro 2003 ane, rangka belakang patah,….

  7. putihviolet says:

    siap wkwk, 2-3 hari lg rencananya mau nulis, ada penghuni baru garasi soalnya :mrgreen:

  8. fz says:

    waduh gawat nih punya ane demen masuk lubang…

  9. kalo ada lobang gede langsung frestyle back flip

  10. Jepitan maut says:

    Di daerah ane banyak lubang jalan raya bro sampe malez ane kalo lewat jalan itu bro di jalan raya pati kayen jawa tengah ane jamin kalo matic ente lewat jalan itu pasti ane jamin kaya digebukin dah pantat ente

  11. yanusakti says:

    efek positifnya bg bngkel.partnya pda larisss…..
    sma kyk ban bcor. efek positifny bg tukang tmbal ban ๐Ÿ˜€

  12. Erit07 says:

    Tipsnya mantap..
    kalau daerah saya jlnnya masih banyk lubang” coz karna di desa..
    di daerah brigade jlnnya berlubang jg ya???

  13. capung2 says:

    motor sya sering bnget kesandung lobang, musti di cek ya gan… thx for sharing

  14. An_Syahri says:

    siiippp… artikel mantaappp…. thanks infonya mas Aul…

  15. kharis27 says:

    kalo udah ada yang kena .,,.jangan lupa periksa isi dompet ๐Ÿ˜€

  16. kenthoet says:

    karena jalanan di Indonesia tak semulus paha Veranda ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜† :mrgreen:

  17. arip says:

    Ini udah jadi makanan sehari-hari, jalannya butut soalnya.

  18. crosss says:

    ane pake mx 2007, ban pake non tubeles rada awet,pake tubeles awet banget,velg kuat bgt(ratusan kali ngehajar lobang+tiap hari lewatin jalan ancurrr),shock awett paling olinya diganti,bearing gigi 1 kali d ganti, komstir berkali2 d stell oblak maning oblak maning ๐Ÿ˜† emang musti d lembiru kali yah :mrgreen:

  19. Motorseo says:

    Alhamdulilah beberapa kali ban nyium lobang gak apa-apa tuh he he… tenang aja meski beberapa kali pernah hard braking ampe ngesot heu heu….

  20. satria biru says:

    ane cuma bisa maki2 tuh lobang sambil galau mikirin laher ma komstir oblak…..

  21. lexyleksono says:

    Sharing yang bagus banget masbro…, emang parah jalanan kita apalagi musim hujan gini jalanan pada ancur. Mesti hati-hati aja spy ga kejeblos lubang..apalagi yg segedhe di gambar itu hehe..

  22. kid1708 says:

    salah satu bentuk pemerataan penghasilan _—_

  23. sip.. kadang lalai.. lupa krn tiap hari jalan berangkat pulang gawe.. main pakai ajah

  24. vidi says:

    Kalau ngehajar lubang yg difoto itu bukan cuma parts yg diganti, tapi tagihan rumah sakit juga harus diganti-_-

    Nitip artikel pertama gw gan
    http://vidiwicaksono.blogspot.com/2013/03/pilih-helm-half-face-atau-full-face.html

  25. Leopold S says:

    yang ngeselin adalah kalau mobil atau motor tiba2 banting stir pindah jalur karena menghindarin lubang. dah banyak kasusnya kayak begini. Negeri salah urus memang kok. perbaikan jalan tergantung partai apa yang menang dan siapa pejabat yang tinggal disitu

  26. mbah_suro says:

    Bagaimana nasibnya jika ban cacing yang terkena jebakan Batman alias jalan berlubang,apakah lebih aman ?

  27. ronal says:

    nice tips buat para pemotor maniak nih gan

  28. Papa Afnhy says:

    jadi ingat 2 malam lalu,pake soul gt teman boncengan hajar lubang,gak dalam sih..tapi setelah itu bagian belakang malah dangdutan,bannya kempes untung tinggal 1km dari rumah,tinggal turunin temen dirumah kenalan dan bawa pelan2 motor pulang,ganti motor jemput lagi,

  29. kasamago says:

    klo abis hjar lbng yg plng sering d cej komstirnya.
    kdpan perlu ad sensor lubang jlanan neh..

  30. Aa Ikhwan says:

    korbannya komsteer ๐Ÿ˜€

  31. mottobiker says:

    waktu itu naik motor vario pernah tuh kena lubang menganga 20 cm an,, lagi kecepatan sedang sih, tapi klo diliat dari bannya sih belom ada tanda2nya.. tapi ga tau deh, takutnya peang di dalam nya..

    apa yang perlu dirubah dari tiger jika nanti keluar all new tiger??

  32. pake velg jari2 mas bro..kalo oleng tinggal di benerin di stel lagi..klo velg cw rusak ga bisa di benerin kalo di press pasti balik rusak lagi http://rentalmotormedan.wordpress.com/

  33. ikram says:

    Atut gw Bro ngehajar lubang. Dulu sih sering, padahal pake beat. Untung velg gak retak.

  34. abangais says:

    iya bener banget, ane suka ngikutin mobil yg lagi ngebut, tiba2 ada lubang dari kolong -_-
    tanda2 seal shock depan rusak apa ya? soalnya kalo ane pegang pake kuku rada di teken ada olinya, apa udah rusak ya?…

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D