10 Tips Merawat Peugeot

Assalamu’alaikum 😀

Selamat malam mas bro semua 😀

Maaf yaa baru bisa nongol lagi :mrgreen:

Kali ini artikel copas aja yaaaa 😀

Wokeh dikesempatan kali ini ane mau ngeshare aja nih 10 Hal yang JANGAN dilakuin dalam merawat mobil peugeot 😀

Lagi baca baca thread peugeot di kaskus, dan nemu cara caranya

Semoga bermanfaat yah buat peugeot owner baik yang 206, 306, 406, dll :mrgreen:

Ane demen sih yang peugeot 206 soalnya………………………………………………………………. Hatchback, mirip ama yaris lagi :mrgreen: IMHO

Langsung aja disimak cara caranya!!

https://i0.wp.com/www.topnews.in/files/Peugeot50.jpg

Menurut bengkel spesialis Peugeot, Refi Motor, dia ngasih 10 tips cara ngerawat mobil Peugeot, yaituuu dengan 10 cara “JANGAN” kepada Peugeot ente mas bro! Don’t do this on peugeot :mrgreen: . Cara ini dijelasin oleh kepala mekaniknya, Parno. Nih diaa tipsnya :

1. Jangan nyuci mesin pake air dgn langsung, lebih baiknya siiih pake kuas kering atao kain lap yang gak basah basah amat, bisa ditiupkan angin dari ass compressor. Ini fungsinya biar sistem kelistrikan yang ada di mesin kagak keganggu, soalnyaaa setiap soket sensor yang ada di mesin itu terdapat sil. Nah makanya jgn ngelakuin ini, soalnya kalo sil udah somplak bisa ngebikin celah masuk air dari embun yang tersisa. Paling parahhh bila air tersebut merambat masuk ke ECU (Engine Control Unit), daaaaan posisi ECU Peugeot ini adanya di ruang mesin looh.

honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampumesin,tentu,perlu,dibersihkan,cara,paling,mudah,praktis,mencuci,air,plus,cairan,pembersih,teknik,debu,kotoran,hingga,lapisan,lemak,menempel,langsung,minggirbeber,tempat,pencucian,mobil,pun,memasukkan,jasa,dalam,layanan,namun,ada,beber,hal,perlu,anda,perhatikan,jangan,niat,membersihkan,mobil,malah,membuat,mesin,kendaraan,menjadi,bermasalah,lindungi,komponen,vital,mesin,mobil,modern,umum,memiliki,sistem,perlindungan,hadap,air,lebih,baik,ketimbang,mobil,lawas,konektorkonektor,listrik,dibuat,lebih,kedap,sistem,injeksi,menangkis,infiltrasi,airpabrikan,melakukan,hal,beg,rumit,kelistrikan,di,mobil,modern,saat,pengaturan,serba,kompu,memerlukan,sistem,lebih,tahan,hadap,air,agar,hindar,jadi,hubungan,pendeknamun,sil,pada,sambungan,kelistrikan,tentu,memiliki,usia,pakai,tak,ada,salah,melindungi,komponen,vital,di,mesin,komponen,mesti,dilindungi,antara,lain,lubang,intake,soket,kelistrikan,sensor,koil,lain,oh,ya,jangan,lupa,cabut,kunci,mobil,untuk,memastikan,aliran,listrik,di,mobil,mati,gun,cairan,pembersih,mesin,setelah,pembungkusan,dilakukan,proses,mencuci,dimulai,perlu,diingat,jangan,menyemprotkan,air,bertekanan,tinggi,ke,mesin,hal,merusak,perlindungan,sudah,dibuat,air,bertekanan,tinggi,sebut,merembes,masuk,ke,celahcelah,komponen,kelistrikangun,pembersih,mesin,engine,degreaser,s,lap,basah,jangan,mengguyur,air,langsung,ke,mesin,sebaik,pastikan,mesin,dalam,kondisi,dingin,sebelum,proses,mencuci,dilakukan,gun,dejen,air,engine,degreaser,sedia,anda,dt,menggun,dejen,dicampur,air,untuk,mengangkat,kotoran,bermik,seperti,oli,lain,gun,sikat,nylon,atau,kuas,untuk,mengusir,kotorankotoran,menempel,di,bagian,mesin,berbahan,metallakukan,proses,bagian,perbagian,maksud,jangan,dejen,air,mengering,sehingga,dt,menimbulkkan,kerak,sulit,dihilangkan,pengeringan,proses,pengeringan,mesin,dt,menggun,lap,memiliki,daya,serap,tinggi,seperti,chamois,lap,berbahan,kain,digun,untuk,mengusir,air,menempel,di,mesin,jangan,lupa,keringkan,pula,bagian,tadi,dtup,plastik,setelah,semua,kering,baru,anda,menghidupkan,mobil,23129feb13mar12,honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampu

2. Jangan ngelakuin penambahan air radiator abis mesin idup, takutnyaaa udara palsu bisa masuk kedalam circuit yang bisa nyebabin temperatur tinggi (kagak normal). Waktu yg  tepat itu pas mesin belom idup sama sekali (kondisi dingin brrrrrrrrrrrrr) terus batesin ampe level maksimum sajahhh. Maksud dari hal tersebut ialah kerena Peugeot mengandalkan sistem builder, sehingga bila terjadi pengosongan air hingga melewati batas minimal akan terjadi pemasukan udara di ruang mesin. Hal inilah yang memicu temperatur udara berada pada posisi tinggi. Solusi yang dianjurkan yakni dengan membuka tutup pentil yang terdapat pada bagian mesin dengan tujuan untuk mengeluarkan angin tersebut dari dalam ruang mesin.

https://brigade15.files.wordpress.com/2013/03/mineral2bwater2bcan2bdamage2bradiators.jpg
3. Jangan melakukan pelepasan kabel battery positif atau negatif secara tiba-tiba (langsung) untuk kendaraan yang menggunakan immobilizer. Sebaiknya dilakukan secara prosedur sesuai type kendaraan sbeagai berikut :
– Type 306 N5, 406 D8 : kunci kontak posisi ON selama 10 detik, kemudian kontak OFF baru dilepaskan salah satu dari konektor battery.
– Type 806 : Kunci kontak ON, kemudian lepaskan salah satu dari konektor battery.
– Untuk kendaraan Semi Full Mux dan Full Mux : kunci kontak ON 10 detik kemudian kunci kontak OFF dan tunggu sampai 3 menit baru dilepaskan salah satu dari konektor battery.

4. Jangan melakukan penambahan air accu yang berlebihan (lewat dari level max) untuk kendaraan yang menggunakan accu basah, karena pada saat mesin hidup alternator akan melakukan pengisian stroom ke battery dan terjadi penguapan. Uap yang keluar dan mengenai bagian-bagian di ruang mesin akan menjadi korosi/rusak. Terlebih untuk mobil automatic, bila sampai masuk ke dalam transmisi bila terjadi slip.

https://i0.wp.com/images03.olx.co.id/ui/5/33/09/1272290562_90262409_1-Gambar--Air-Accu-Air-Aki-bermutu-di-Bogor-1272290562.jpg

5. Jangan melakukan pendongkrakan kendaraan di posisi yang tidak tepat saat ganti ban atau ganti oli. Sebaiknya dilakukan pada bagian yang diperbolehkan untuk memposisikan dongkrak. Ada 4 titik yang diperbolehkan untuk posisi dongkrak yaitu dibawah list plang bawah kabin ; depan kanan, belakang kanan dan depan kiri serta belakang kiri. Bila hal tersebut tidak dilakukan dengan baik pada saat pendongkrakan dapat menyebabkan kerusakan pada chassis atau chassis dapat bengkok.

 

Mio Dongkrak Mobil

Contoh dongkrak yang gak tepat

6. Jangan di ‘hand brake’ terlalu lama saat kendaraan diam setelah dicuci atau sehabis melewati jalan yang tergenang air. Hal ini dimaksudkan agar brake shoe belakang tetap awet atau terjadi lepas dan terkunci tromol belakangnya.
Gejala tersebut dapat terlihat waktu kondisi jalan pertama atau angkatan pertama bila terdengar bunyi sperti ‘glek’ maka itu terjadi penguncian pada remnya. Solusi yang dianjurkan sehabis mencuci atau setelah melewati jalan basah jika dalam keadaan parkir lebih baik kondisikan mobil dengan posisi perseneling masuk, berguna juga sebagai penahan laju roda.

http://majorgav.files.wordpress.com/2012/07/img_5593.jpg?w=448

7. Jangan melintas di jalan yang tergenang air lebih dari setengah ban, agar tidak terjadi ‘water hummer’.

https://i0.wp.com/bangka.tribunnews.com/foto/berita/2011/3/22/Kubangan_Air.jpg

8. Jangan melakukan pengisian angin pada ban yang tekanannya lebih dari 30 psi dan perhatikan juga kembang ban, agar kendaraan tetap dalam keadaan stabil.

https://brigade15.files.wordpress.com/2013/03/jpg

9. Jangan berjalan terlalu cepat saat kendaraan melewati jalan rusak atau gundukan, hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan perangkat suspensi.
https://i0.wp.com/www.ucapusa.com/images/heritage/Peugeot/Peugeot_L27.jpg

10. Jangan lupa lakukan perawatan berkala kendaraan Peugeot ente setiap kelipatan 5000 km ke bengkel kepercayaan ente

Sumber

Nah itu dia tips tipsnya 🙂

Tapi ada cara yg lebih gampang loooh dalam merawat mesin peugeot tanpa harus repot repot, biaya murah lagi :mrgreen:

Caranya…………………………………………………………………………………….

Pakein Nano Energizer :mrgreen: mampir kesiniiiih

Sekian 😀

Semoga bermanfaat bagi peugeot user 😀

Mohon dikoreksi bila ada yg salah 😀

Buat cuci mata aja deh :mrgreen:

https://i0.wp.com/www.supercarrostunados.com/wp-content/gallery/peugeot-206-tuning/peugeot-206-tuning-14.jpg

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in RD4 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

51 Responses to 10 Tips Merawat Peugeot

  1. wkwkwkwkwkwk ngekek liat gambar ini :mrgreen:

  2. An_Syahri says:

    Peugeot 206 mobil andalanku di NFS 2 Underground nih mas… handling mobil ini emang mantap..

  3. orong-orong says:

    ga punya mobil gan, wkwkwkwk. nice inpoh

  4. Erit07 says:

    Tipsnya bagus,sayangnya gak punya…

  5. syhrain says:

    sumpah foto paling baawah keren bangeeet.
    dulu bokap punya yg 406 warna ijo, ga sreg akhirnya ganti lagi pake kijang gendut LGX (gatau nama variannya) 😆

  6. smartfaiz says:

    Wew.. naksir dongkraknya .. kaya motor beneran
    :pura2oon: 😛

  7. ssss says:

    saya mau tanya neh bro neh mobil pengerak roda depan/belakang.untuk sedannya….

  8. kasamago says:

    tips bwt peugeot 405 gmn gan..?

  9. Leopold S says:

    peugeot ada bbrp serinya yg rear wheel drive juga.
    Kayanya utk fungsional saya lebih milih yg jepang deh kaya AN Jazz. sisa uangnya utk motor hihihi

  10. RAM says:

    agan2 saya mw tanya dong,,saya pake 307, kenapa yah mesin mati tiba2 pada saat sedang berjalan, saya ihat temperaturnya lewati batas 90..itu overheat knp yah padahal radiator baru saya isi. dan satu lagi kadang pedal gas di injak ga ada power, itu juga ketika agi jalan.

    mohon bimbingannya ya agan

  11. nhanhoeng says:

    Terima kasih infonya … Kadang kita kalaû lagi keburu-2 emang suka nglupaÍn prosedur … Akibatnya malah fatal.
    Ðitunggu postingan yg lainnya … Salam

  12. andikha says:

    Bang,w punya nih,peugeot 206 thun 2003 tapi mau modifikasi bingung,sekalian kenal2 sma club peugeot yang lainnya biar bisa acting Dan narsis bisa lebih banyak,dengn modifikasi mobil eropa..hub.087877055535

  13. yus ketjil says:

    bang PUG’306 ane (akhir’96), kadang mbrebet sampe nembak2 bahkan di injek gas malah no power kl pas jalan…. kira2 bagian mane yg meriang tuh bang, tengkiuuu infonya

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D