Assalamu’alaikum ๐
Selamat malam guyssss ๐
Okedeh dikesempatan kali ini ane mau ngeshare aja bagi bikers bikers dimana aja yang sering ngehajar lobang lobang kampret
Karena bagian kaki kaki motor kita sering banget ciuman ama lobang lobang yang entah datang tak diundang ( kalo bisa sih gak usah dateng ) , maka mesti diperatiin nih parts parts yang bisa rusak gara gara ngehajar lobangan
Ane sendiri sih jarang ngehajar lobang, soalnya ane jalannya lemot didepan keliatan lobang langsung ambil jalan lain deeeh. Tapi kalo lagi ngebut ketemu lobang wah langsung salting kyk diliatin gebetan
gatau mesti ngapain, kalo ane sih tetep kendaliin motor, jangan panik, rem sebisanya tapi jangan hardbrake takutnya motor yg dibelakang nyundul.
Kalo terlanjur ngehajar lobang yah….. shockbreaker depan pun bunyi jedugggg.
Nah kalo sering kayak gitu mesti perhatiin parts parts yang rawan rusak bro! Jangan dibiarin, bisa kenapa kenapa dijalan.
Nah ini dia parts parts nya yg harus diperhatiin:
1. Ban
Of course yang pertama mesti dikasih perhatian itu ban! soalnya dia yg paling duluan ngerasain gimanaaa sih rasanya kejedot ama lobang…. mana mungkin velg duluan ato shockbreaker duluan . Ban kalo kena lobang bisa melendung bre! CMIIW . Bahayaa kalo melendung bannya terus pecah dijalan, sewreeeeeeeeeeem. Ngehajar lobang juga bisa ngebuat angin dalam ban berkurang kalo gak pake pentil sih
. Bisa juga ngebuat ban retak retak ewhhh CMIIW
2. Velg
Comot punyanya om Benny
Bagian setelah ban yang harus diperhatikan itu velgnya gan! Lobang bisa ngebikin bengkok tuh velg, lepih parah lagi yaa peyang seperti punyanya om benny itu. Kang iwb juga pernah ngalamin velg peyang gara gara ngehajar lobang, artikelnya disini.
Kalo velg udh pernah peyang ada dua cara yaitu cara hemat sama cara ga hemat cara hemat ya kita mesti press velg yg peyang itu, tapi handling setelah press velg gak akan kerasa lebih nyaman sebelum velgnya peyang. Kalo mau nyaman lagi ya pake cara ga hemat, mesti beli velg lagi
3. Shockbreaker
Bagian peredam kejut ini juga wajib diperhatiin coy! Soalnya ini nih mahluk yang paling rawan rusak kalo sering ngehajar lobang CMIIW. Kalo abis ngehajar lobang, cek ban…. sehat, cek velg…. sehat, shcokbreaker belom tentu sehat loh! ๐ฎ
Parts shockbreaker yang sering rusak itu sil / seal karet nya. Dan kalo seal shock nya rusak, oli shockbreaker bisa keluar dari shockbreaker, dan nanti shockbreaker juga bakal kerasa keraaaas. Per shock juga sebaiknya diperhatikan, kayaknya motor ane per shock nya udh minta ganti nih. Sekarang shockbreaker udah kerasa keras beneerr ๐ฆ
4. Komstir
Apalagi parts ini nih, yang gampaaang banget oblak. Kalo motor sering ngehajar lubang terus motor suka limbung bisa aja mahluk ini udah gembel. Termasuk pitbi ane yang dari pabrikannya komstir cepet oblak udh gitu ane shock depan diturunin, jadi beban kebanyakan ke arah depan
Udah gitu parts ini walopun kecil tapi harganya muahaaaal bagi yg ori, kalo yg kawewe sih ada yang murah, ada. Motor kerasa limbung, stang gampang oleng bisa jadi itu komstir udh gembel, menurut pengalaman ane aja sih ๐
5. Bearing / Klaher / Laher
Bentuknya kyk komstir ya
Nah kalo bearing ini ada banyak mas bro di motor. Ada bearing roda , bearing gir , bearing velg, dll. Kalo motor ente sering ngehajar lubang trs dibagian ban ato gir ada yg goyang bisa dipastiin bearingnya kena tuh. Segera lah ganti, pengalaman ane laher roda itu pecah didalem velg. Sampe montirnya aja kaget, untung ane kagak kebalik tuh ๐
Ngehajar lobang ada efek negatif, ada.
Ada juga efek postif, ada.
Efek negatifnya pinggang jadi puegeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeel kata om paedhimas sih aihiihihi
Efek positifnya rider yg tadinya ngantuk langsung jadi suegeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeer
Terus bengkel bengkel motor jadi kedatangan duiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiid soalnya banyak korban biker yg hajar lobang lg ganti parts parts diatas kata bro yanusakti ๐
Yups sekian dari share ane yg gak mutu ini ๐
Mohon dikoreksi jika ada ya salah ๐
Malaaaaaaaaaaaam, sleeptight mas bro ๐
nice info kang, ane mah bawa motor alon alon, jadi aman
tosssss
Lobang pada photo diatas gilaaaaaa bener
jangankan motor, truck gandeng bakalan nyebur tuh
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/motor-injeksi-itu-harus-murah-titik.html?m=0
pesawat boeing bisa juga kali ya pak guru
sip…. nice info.
motor saya jarang kena lubang tapi kalau lewat jalan rusak sering
samaaaaaa wkwkwk ๐
haha.
Sy mah cuek. . .
Hajar lobang.
Padahal mah dalam ht galau.
ane juga cuek kalo ngehajar lobang
sampe rumah langsung galau sambil ngecek ngecek
Satu lagi aul..
pinggang pengendara ikut sakit., ๐
betul tuh om padhimas ๐
ane cantumin yak di postingannya
ane udah 2x stel velg
kalo ketemu lubang gapernah ngehindar apalagi ngerem, cuma berdiri 
jah wkwkwkwk bisa juga tuh ๐
btw gapernah nulis lg nih brow?
belum ada bahan tulisan ๐ dan dari dulu emang jadi silent reader terus, kaskus juga masih jauh dari iso
terus semangat mas bro ๐
ane dulu juga kyk gitu
Kalo udah keseringan, rangka juga retak bro… Ane sedang mengalami itu sekarang d megapro 2003 ane, rangka belakang patah,….
gileee srem bener sampe ke rangkanya
trs gimana tu bro?
siap wkwk, 2-3 hari lg rencananya mau nulis, ada penghuni baru garasi soalnya
ditunggu tulisannya mas bro
siapa tuh penghuninya? motor apa mobil?
motor bro, bukan pengganti njmx tapi ๐
ditunggu mas bro postingannya
waduh gawat nih punya ane demen masuk lubang…
lubang apa…..
kalo ada lobang gede langsung frestyle back flip
sewreeeeeeeeem
Di daerah ane banyak lubang jalan raya bro sampe malez ane kalo lewat jalan itu bro di jalan raya pati kayen jawa tengah ane jamin kalo matic ente lewat jalan itu pasti ane jamin kaya digebukin dah pantat ente
buseh digebukkin jok wkwkwwk ๐
efek positifnya bg bngkel.partnya pda larisss…..
sma kyk ban bcor. efek positifny bg tukang tmbal ban ๐
nah bisa juga nih ๐
Tipsnya mantap..
kalau daerah saya jlnnya masih banyk lubang” coz karna di desa..
di daerah brigade jlnnya berlubang jg ya???
panggil gw aul aja bro erit
lumayan banyak bro buseh
motor sya sering bnget kesandung lobang, musti di cek ya gan… thx for sharing
oke gan ๐
siiippp… artikel mantaappp…. thanks infonya mas Aul…
samasamaaa om syahri ๐
kalo udah ada yang kena .,,.jangan lupa periksa isi dompet ๐
jah betul juga tuh bang
karena jalanan di Indonesia tak semulus paha Veranda ๐ณ ๐ณ ๐
bang kenthoet pernah ngeraba ya? duh jadi pengeeen ๐
pengen tahu az atau pengen tahu banget โ
banget bang! pengen nyobain
Ini udah jadi makanan sehari-hari, jalannya butut soalnya.
buseh
serius bro?
Ada sih jalan lain, tapi muternya jauh.
perjuangan bener ya
ane pake mx 2007, ban pake non tubeles rada awet,pake tubeles awet banget,velg kuat bgt(ratusan kali ngehajar lobang+tiap hari lewatin jalan ancurrr),shock awett paling olinya diganti,bearing gigi 1 kali d ganti, komstir berkali2 d stell oblak maning oblak maning ๐ emang musti d lembiru kali yah
motornya mau dilembiru?
Alhamdulilah beberapa kali ban nyium lobang gak apa-apa tuh he he… tenang aja meski beberapa kali pernah hard braking ampe ngesot heu heu….
hard braking lg ngapain tuh mas bro? ๐
biasa kalau tuas gas si ijo lagi terkena penyakit gatel bulanan ๐
jah wkwkwkwk ๐
ane cuma bisa maki2 tuh lobang sambil galau mikirin laher ma komstir oblak…..
sama nih ๐
Sharing yang bagus banget masbro…, emang parah jalanan kita apalagi musim hujan gini jalanan pada ancur. Mesti hati-hati aja spy ga kejeblos lubang..apalagi yg segedhe di gambar itu hehe..
makasih om ๐
yang digambar bisa masuk truk tronton om
garagara truk juga pada ancur om ๐
salah satu bentuk pemerataan penghasilan _—_
maksudnya? ._.
kalo misalnya pelgnya peyang kan bayar ke tukangnya,, artinya kita berbagi penghasil/rezeki ๐
jah bisa juga nih wkwkwk ๐
sip.. kadang lalai.. lupa krn tiap hari jalan berangkat pulang gawe.. main pakai ajah
wkwkwk
Kalau ngehajar lubang yg difoto itu bukan cuma parts yg diganti, tapi tagihan rumah sakit juga harus diganti-_-
Nitip artikel pertama gw gan
http://vidiwicaksono.blogspot.com/2013/03/pilih-helm-half-face-atau-full-face.html
nyawa juga bisa diganti
akhirnya nulis juga nih bro vidi ๐
yang ngeselin adalah kalau mobil atau motor tiba2 banting stir pindah jalur karena menghindarin lubang. dah banyak kasusnya kayak begini. Negeri salah urus memang kok. perbaikan jalan tergantung partai apa yang menang dan siapa pejabat yang tinggal disitu
nah itu juga ngeselin om leo
nanti nyenggol kita eh dia malah kabur
namanya juga indonesia ๐
Bagaimana nasibnya jika ban cacing yang terkena jebakan Batman alias jalan berlubang,apakah lebih aman ?
itu jgn ditanya deh
nice tips buat para pemotor maniak nih gan
makasih gan ๐
jadi ingat 2 malam lalu,pake soul gt teman boncengan hajar lubang,gak dalam sih..tapi setelah itu bagian belakang malah dangdutan,bannya kempes untung tinggal 1km dari rumah,tinggal turunin temen dirumah kenalan dan bawa pelan2 motor pulang,ganti motor jemput lagi,
wah baik banget nih om ๐
kasian juga ya temennya itu kalo ditinggal
klo abis hjar lbng yg plng sering d cej komstirnya.
kdpan perlu ad sensor lubang jlanan neh..
betul tuh 80% buat piksen pasti oblagh dah
widih canggih bener om ๐
hahaha.. vixi ane awalny mo oblagh, tp bs diakalin montir langganan.
gimana tuh om ngakalinnya?
korbannya komsteer ๐
itu korban utama
waktu itu naik motor vario pernah tuh kena lubang menganga 20 cm an,, lagi kecepatan sedang sih, tapi klo diliat dari bannya sih belom ada tanda2nya.. tapi ga tau deh, takutnya peang di dalam nya..
http://mottobiker.wordpress.com/2013/03/12/apa-yang-perlu-dirubah-dari-tiger-jika-nanti-keluar-all-new-tiger/
lebih baik di cek aja mas bro ๐
pake velg jari2 mas bro..kalo oleng tinggal di benerin di stel lagi..klo velg cw rusak ga bisa di benerin kalo di press pasti balik rusak lagi http://rentalmotormedan.wordpress.com/
emang repot velg cw
Atut gw Bro ngehajar lubang. Dulu sih sering, padahal pake beat. Untung velg gak retak.
sereeeeeeeeeeeeeeeeeem
iya bener banget, ane suka ngikutin mobil yg lagi ngebut, tiba2 ada lubang dari kolong -_-
tanda2 seal shock depan rusak apa ya? soalnya kalo ane pegang pake kuku rada di teken ada olinya, apa udah rusak ya?…
nah itu ati ati masbro wkwk
sepertinya engga bro
seal shock yg bocor mah kagak diapa apain juga udh meler sendiri olinya