Spooring & Balancing

Assalamu’alaikuuum

Selamat pagiiiiiiiiiiiiiii semuanyaaaa 😀

Selamat berweekend ria yaaa 😀 tp tinggal sekarang doang nih besoknya udh hari senin lg 😦

Pada mau ngapain niih di weekend ini? ane mah cuma hang out ke pulau kapuk aja dah wkwk :mrgreen:

Hmm okeydeh dikesempatan kali ini ane mau ngebahas tentang Spooring & Balancing pada Muobil

Paan seh tuh Spooring? itutuuuuuh kalo mesen makanan “bang nasinya spooring yaa” “itu sepiring tong” “ohiyaaa” :mrgreen: eh jauh deng yah gak lucu deh maap ane bukan bagian dari opeje ._.


Spooring ituuu adalah pekerjaan buat front wheel alignment (penyetelan roda depan) yang meliputi: chamber, caster, toe angle (toe-in/toe-out), ama turning radius. Nah kalo balancing apa nih? Balancing itu biar roda sama ban itu seimbang senada sehati sejiwa seraga sehidup semati.

Terus apa nih fungsinya spooring ama balancing ini? dari pengertian udh bisa kan tau apa fungsinya tp ane ksh tau lg deh hehe.

Spooring

Kalo spooring itu fungsinya buat menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Penyetelannya kan ada 4 parts tuh yg disetel, Penyetelan CAMBER biar bannya itu bersentuhan ama permukaan jalan pada sudut yang bener biar nyegah ban aus yang tidak sama pada jalan dimana pusat jalan lebih tinggi dari batas jalan. Peyetelan CASTER buat memudahkan pengemudi mengendalikan steering dan kembali keposisi lurus setelah belok.

Penyetelan TOE-IN TOE-OUT dimana keselarasan roda yg diatur supaya kendaraan jalan lurus kedepan.  Penyetelan Turning Radius memberikan sudut belok kanan dan kiri yang berbeda akan mensinkronkan titik pusat putaran untuk keempat rodanya dan dapat meningkatkan stabilitas pengendaraan saat membelok.

Balancing

Kalo balancing itu buat menjaga biar roda dalam keadaan seimbang. Rodanya dipasang di alat wheel balancer terus nanti kegep (ketauan) tuuuh titik-titik berat di roda yang ngebikin roda jadi kagak balance. Terus alat ini nunjukin seberapa besar beban yang harus diberikan pada roda agar roda kembali menjadi balance. Terus roda dikasihin pemberat (biasanya sih timah) sesuai dengan beban yang dibutuhkan, weight balance dipasang pada pelek roda. Balancing juga ngurangin geteran.

Note: Maaf kalo pengertian pengertian diatas salah, soalnya dari berbagai sumber spooring sm balancing itu beda beda, yang paling rancu itu di balancing. Ada yg bilang biar bannya paralell, tapi menurut ane paralell sm selaras kan sama, yg ngebuat paralell kan spooring bukan balancing. Kalo menurut ane ya balancing itu diliat aja dari artinya (ngimbangin) yajadi biar ngebuat roda sm ban seimbang, tapi kalo dibilang paralell bisa juga sih cuma lebih tepat seimbang. Silahkan nnt para pembaca ngasih tau ya 😀

Terus gejala gejalanya apa aja nih mobil tercintah kita harus di spooring & balancing?
  • Dicek dulu gan sisi, tapak, ama bulu ban. Kalo dari keempat itu ada yg gak wajar trs juga ada benjolan di ban (bukan gara gara disenget tawon yaa :mrgreen: ) bisa jadi toe nya yang jd tersangka. Terus kalo keausan bannya disisi luar berarti toe in nya kebanyakan, kalo keausan bannya disisi dalem berarti toe outnya yang kebanyakan. Ohiyaa keadaan rodanya juga udah miring baik roda depan atopun yg belakang.

  • Ban depannya berbentuk V terbalik runcing gitu (ini diliat dari depan ya) itu disebakan garagara ball jointnya udah kamseupay.

  • Setirnya geteeer bbrrrrr kyk mau lepas gituuu dikecepatan tinggi, biasanya diatas cepek kpj, kalo lepas tinggal dipasang lg yagak kyk setirnya mini coopernya mr bean tuh wkwkwk 😆

  • Pas mobil lagi jalan luruuuuuuus, mobil dengan mandiri belok kanan belok kiri kyk geal geol geto tapi keadaan setir tetep lurus aja. Gejala gini juga biasanya nongol pas mobil lg kecepatan tinggi. Waah bahaya kan tuh mas bro, lebih baik langsung caw kebengkel 😀

  • Terus setirnya bueratt mas bro!! baik pas lagi jalan biasa atopun pas lg belok, yg paling kerasa yg pas lagi belok nih. Tapi setir berat itu ada bbrp kemungkinannya loh, bisa jadi kyk point nomor 2, bisa jadi garagara tekanan angin bannya kurang, trs kalo setirnya udh make Power Steering bisa jadi oli power steeringnya kurang ato kopong

  • Mobil kerasa miring kerasa juga kyk ban kempes. Kalo ketidakseimbangan roda udah parah, mobil jd kerasa miring pas jalan. Kadang kadang kita juga ngerasain ada ban yg kempes, padahal pas dicek kondisi tekanan angin ban gak masalah yaah diphpin nih :(. Ini garagara bagian samping ban lebih tipis, soalnya keempat roda kagak selaras dan seimbang jadi pas melaju mobil miring, sehingga sisi luar ban tergerus.

  • Pas lagi belok kerasa ada goncangan goncangan yg cetar membahana padahal jalananya bagus terus juga pas lagi belok biasanya setirnya gamau balik lagi keposisi semula ( mungkin udh pewe ya :mrgreen: )

  • Saat jangka waktu balancing velg udh lebih dari setaun

Macam macamnya Spooring & Balancing itu banyak tergantung alatnya, nih ada beberapa, nnt ane coba ulas yaa soalnya diulas disini kepanjangan wkwk :mrgreen:

  • Spooring Manual/Konvensional
  • Spooring Gigi Biru (Bluetooth)
  • Spooring 3 Dimensi
  • Spooring Robotik

 

Nah sebaiknya mas bro sebaiknya melakukan spooring balancing ini tiap 10.000 KM, tapi ya tergantung medan yang dilalui juga sih, kalo jalanannya jelek ya lebih cepet dari ceban KM. Kalo harga buat balancing tergantung ukuran velgnya juga, dari mulai 17.500 – 40.000 per roda. Nah kalo buat spooring tergantung dari mobilnya juga, biasanya 150 ribu, tp yg kontruksi kaki kakinya rumit bisa nyampe 200 rebu. Lama waktunya juga sekitar 1 – 2 jam, sebentar apa lama tuuh?

Yups itu sekilas tentang spooring & balancing menurut pengetahuan ane dan beberapa sumber:

http://ultratune.gamamulti.com/profile/spooring

http://www.visualbuzzer.com/1431/tanda-mobil-perlu-di-spooring-dan-balancing

http://s515i.com/spooring-and-balancing/

http://johan-dode.blogspot.com/2012/01/spooring-and-balancing.html

http://otodiy.blogspot.com/2009/12/spooring-balancing-istilah.html

Mohon maaf jika ada yg salah ya hehe :mrgreen:

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in RD4, Tips tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Spooring & Balancing

  1. An_Syahri says:

    Mantap nich mas bro… nice artikel buat tambah ilmu….

    http://nzahry.wordpress.com/

  2. An_Syahri says:

    Pertamax sik…

  3. An_Syahri says:

    test… koq ga muncul ya…

  4. redbike92 says:

    komplit bro 😀
    dulu waktu bawa panther bokap
    ban-nya ngleyang2 dewe (padhal setir lurus)
    eh pas dicek eh balljointx jebol 😦

  5. 46@sukses.com says:

    No comen ..ku gak punya mobil,kalo speda ontel palah ada..hehehe..

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D