Gara Gara Rem Bermasalah…

Assalamu’alaikum 😀

Selamat malam jum’at semuanyaaaaaaaaa :mrgreen:

Mau berbagi pengalaman aja nih tentang rem ane yg bermasalah jadi ane gabisa sekolah 😦

Yups masalahnya itu garagara piston kaliper nya kotorrrrr

https://i0.wp.com/image.made-in-china.com/2f0j00SvKtJPlzaQpa/Caliper-Piston-and-Repair-Kit.jpg

Kejadian ini udah sekitar sebulan yang lalu siih

Waktu itu lg hari minggu, dan lg niat pengen kebengkel. Akhirnya ane datengin lah bengkel langganan ane. Bukan bengkel resmi loh ya. Ane ganti kampas rem depan pake punyanya eMeX. Soalnya harganya lebih murah kalo dibandingin ama punyanya piksen :mrgreen:. Sehari itu ane test sih gada trouble..

https://i0.wp.com/www.partschina.net/UploadFiles/Prouducts/2010/9/201009211452333308.jpg

Nah besoknya nih…

Besoknya itu hari senin 😦 Maleeeeeeeeeeees banget rasanya ketemu ini hari. Tapi ya berhubung ane murid yang (agak) rajin , (agak) gigih , (agak) pinter , dan rajin menabung sekaligus mau ketemu kewesss jadi ane langsung solat mandi sarapan terus cawwwwwww kesekulah tercintah.

Nah dijalanan nih mulai nongol masalahnya.. pas udah sekitar 10 KM lah.

Kok motor jadi loyo…

Kok nanjak pake gigi satu, rpm nya susah naek..

Kok gas udh dibejek lebih dalem tapi tetep aja gaenak..

Kok pitbi suka ngeden ngeden..

Kok suka ngerem sendiri…

Kok jarum bensin ada di bawah empty… ( kalo yg ini ane tau kenapa, soalnya ditangki, bensinnya tinggal dikit :mrgreen: )

Akhirnya ane pun minggir di SPBU Shell deket sekolah ane sekalian isi bensin, takut ni motor ngambek ditengah jalan kan berabe tuh.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7147/6546975959_f73c383548_z.jpg

Abis sapa sapaan ama tukang bensinnya trs isi bensin trs ane majuin ni motor sedikit kok kagak bisa gerak ya.. Buseeh ternyata dari tadi masalahnya ada dibagian ban depan mas bro! kagak bisa muter! akhirnya ane dorong sampe parkiran shell. Terus ane pegang tu disc brake nya beeeeeeeeeeh panasnya lebih panas dari knalpotnya! masak aer bisa mateng kali disitu. Dan kyk ginilah kondisi Disc depan ane.

https://brigade15.files.wordpress.com/2013/02/img-20130128-00800-copy.jpg?w=600

Liat tuh yg ane garisin biru itu bagian disc yg bergesekan ama kampas rem dan yg merah itu bagian disc yg ga kena ama kampas rem, cuma buat dudukan di velg ama dudukan bracket kalipernya mungkin CMIIW. Pas ane liat ternyata bedanya lumayan jauh! Kemaren itu disc nya rata gak ada bedanya!

Liat tuh disc depannya kekikis gitu 😦

Ane langsung suudzon neh ama mekanik kemaren. Mungkin dia masang kampas rem nya gabener. Ane cek tapi rata kok. Berarti bukan nih…

Akhirnya ane tungguin ni disc sampe adem. Soalnya nyelesein masalah tapi pake keadaan panas kan gamungkin selesai. Jadi nunggu adem dulu :mrgreen: . Waktu udh menunjukan pukul setengah tujuh pagi lewat 15. Yaduuh ga memungkinkan bgt ini buat sekolah. Yauds akhirnya ane telp cewek ane dan minta tolong izinin ane. Dia langsung rada panik loooh muehehe :mrgreen: yaa wajar lah :-P.

https://brigade15.files.wordpress.com/2013/02/img-20130128-00799-copy.jpg?w=600

Terus ane koling koling temen bapak ane, Mas A buat ngebantuin ane. Sambil nunggu Mas A dateng ane coba ngebuka baut nipple nya. Eeeeh kepencet tuas remnya, minyak rem nya loncaddd kena tas ane :(. Weeh tapi mayan deh ban nya udah bisa muter. Sambil nunggu juga ane beli ginian buat ngemil sambil ngeliatin mobil motor lalu lalang sambil ngobrol2 ama abang2 spbu shell nya :Mrgreen:

Abis itu mas A dateng dengan Mio merahnya. Lalu Mas A make pitbi ane make mio. Lalu kita otw ke bengkel langganan ane (bukan bengkel tempat masang kampas rem ya beda lg bengkelnya)

Setelah di cek cek wogghhh piston kalipernya kotor mas bro! Jadi tu motor kalo tuas rem nya diteken kan piston kaliper harusnya neken kampas rem terus kampas rem ngegigit disc nya layaknya hiu mengigit kecebong. Terus kalo tuas remnya dilepas harusnya piston ngelepas tekanannya itu. CMIIW. Nah yg kejadian ama ane ini pas handle rem dilepas, pistonnya mungkin gabalik lagi garagara kotor! Woghh bahaya juga yah, untung kagak ngejomplang.

Akhirnya bayar deh 20rb terus pulaaaaaaaaaang kerumah.

Ada sejarah juga jadi cabut sekolah garagara piston kaliper kotor wkwkwk 😆

Nah pelajarannya mesti di cek cek deh tuh piston kaliper jgn sampe kotor atopun berkarat. Bisa bisa rem ngunci mulu. Kampas rem gamau ngelepasin pelukannya ke disc brake, mungkin udah nyaman kali yaa 😮

Sekian dari pengalaman ane. Mohon dikoreksi jika ada yg salah :mrgreen:

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in My Vixion, Pengalaman, RD2 and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

59 Responses to Gara Gara Rem Bermasalah…

  1. Yoshi says:

    Kok piston kaliper bisa kotor ya?
    Masuk dari mana tuh kotorannya?

  2. rusmanjay says:

    pengalaman saya pistonnya kotor karena jamuran. untung ga sampe berpelukan terus kampas sama disc nya, udah keburu kepergok jadi langsung diatasi :mrgreen:

  3. bolos akibat rem depan judulnya :mrgreen:
    biasanya sih kalo ganti2 kampas depan dibersihin pake kompresor sama dicuci sekalian pake air. cuma bayar seceng :mrgreen:

  4. paedhimas says:

    Lem biru..*lempar beli baru.. 🙂

  5. Virus says:

    bengkel didaerah ane sama kyk dipo tuh, biasanya pas ganti kampas udah sekalian dibersihin piston rem nya ama si mekanik pake kompresor + air sabun

  6. smartfaiz says:

    pernah kaya gitu. sedapat mungkin dicongkel-congkel pake obeng begitu putaran ban agak lancer lanjutkan perjalanan tapi ga pake rem yg macet itu…..

  7. ruri says:

    Gas poolll, rem pol gan hehe 😀

  8. Jepitan maut says:

    Yosh di copy di monitor bro

  9. SuRyA says:

    wah info bagus ni dik…
    paling ga sekarang klo rem cakramnya nya caket(berat) ada yg bisa dicurigai 🙂

  10. Erit07 says:

    Kudu cek rutin sob,untung gak jatuh di tengah jalannn..

  11. kasamago says:

    klo nyuci sering diloncatin g dikroscek y bro? nunggu review cakram barunya 😀

  12. RifZ says:

    kampas rem baru pasti seret, karena belum pas sama cakram nya,,
    biasanya cakram lama yang habis bagian tengah dulu , kampas rem baru kan rata jadi hanya yang pinggir yang bergesekan,,
    kalo udah pas sekitar 50-100km juga ga seret lagi

    kadang seret juga karena udara yang tertekan dalam reservoir, kan oli naik kalo ganti kampas baru.
    solusinya, tekan dikit kampas sampai gak seret, buka reservoir lalu tutup lagi. awas jangan sampe masuk angin

  13. An_Syahri says:

    Wah.. berarti piston kalipernya pengertian tuch mas Aul… katanya kan klo senin males skull makanya tuch piston bantuin supaya mas Aul bisa ga masuk skull nich…. xixixi….

  14. ax125 says:

    hikmah yg bisa diambil : gak jadi masuk sekolah masbro
    yesss.. 😆

  15. 46@sukses.com says:

    Hayo,kampas punya adiknya kok di pake,nanti di cariin lho..

  16. kenthoet says:

    ahhh itu cuma modus az,,,, bilang az klo males berngkat sekolah 😈 pake alasan cakram macet segala :mrgreen: :mrgreen:

  17. Agit Naeta says:

    hhha sabar gan ,, dlu jg temen saya ampe angus keluar asep 😀

  18. nawirotom says:

    ane pernah ngalamin nih yang kayak gini, tapi analisis penyebabnya nggak sama. Piston ada yang dibagian luar ada yang dibagian dalam. kalo yang luar kotor nggak ada masalah karena setiap hari dipake gerak maju mundur. Nah kalo yang dalem yaang berkerak ini ini yang berabe, karena kerak tersebut terjadinya setelaah kaliper overheat, jadi penyebab awalnya bukan kotor yang menyebabkan seret-> panas, tapi seret -> panas -> macet.
    Ntar kalo macet lagi, coba dulu mundurin, kalo mundur lancar dan maju macet, maka yang error bbukan kalipernya, tapi klaher ban depan bagian kanan dah minta ganti. ban dedikit oleh, dan piringan cakram ikut oleng, jadi terus-terusan bergesekan dengan kampas, pas saat overheat, piston mengembang dan jadi ceket dengan silnya, bahkan bisa2 menimbulkan oksidasi terhadap cairan rem yang bisa menimbulkan karat di pistonnya. Kalo dah gini piston udah susah dicopot dari rumahnya. Untuk meriksa oleng apa enggak copot kaliper dan ban depan digoyang2, emang sedikit tapi dah cukup untuk membuat piringan caklam ikut oleh menggesek kampas terus-terusan.
    semoga bermafaat.

  19. oyo says:

    o,,pernah itu, piringan cakram habis gara2nya g ngeh antara rem seret sama lemot (bawa metik slnya) axaxa,,terpaksa ganti cakram baru.

  20. he… sip, punya ane juga nyeret nih rem-nya.

  21. orong-orong says:

    ganti rem tromol ajah lebih pakem

  22. IronGix says:

    kalo kejadian begini… first aidnya coba dulu congkel kampas remnya dengen obeng min biar agak renggang… kampas mundur sepersekian mili bisa roda jadi lancar lg kok… kalo udh bawa jalan kebengkel terdekat.. tp jgn dipake dulu rem yg bermasalah… kalo depan masalah.. ya pake rem belakang dulu… jalan pelan2 aja…

    kalo waktunya ada coba lakukan hal dbawah ini…

    biasany ini karena kotoran yg mengeras di piston bagian luar pd saat kondisi kampasnya udah tipis… jadi, setelah diganti kampas rem baru.. maka bagian piston yg kotor tadi masuk ke dalam kaliper… ini yg bikin piston brakenya macet… sebaiknya waktu mengganti kampas… setelah lepas kampas rem yg aus… lalu tekan remnya sampe sebagian piston rem keluar dari kaliper, kemudia cuci dengan air rinso, setelah kering.. oles chainlube ke ujung jari.. lalu ujung jari tadi oleskan ke bagian piston tadi, kemudian tekan piston tadi kedalam kaliper perlahan, agar kanpas rem baru bisa dipasang.. dengan cara spt ini ampuh untuk mencegah piston macet…

    selamat mencoba gan.. :D, bukan maksud mengajari… cuma berbagi apa yg ane udh pernah lakuin gan…

    btw itu yg biru ditangki itu skotlet ya gan?.. atw cat?..

  23. Gabung ya gan ….Trimakasih infonya …..sharing aja … mudah-mudahan ada manfaatnya ….. pengalaman aja kalau mobil habis dipakai hujan-hujanan, sebaiknya kalau emang dalam beberapa hari gak dipakai, sebaiknya hand rem dalam posisi netral lebih baik diganjal, karena gak menutup kemungkinan rem jadi macet karena karat.

    Cara yang paling gampang kalau rem macet pada posisi parkir biasanya adalah dengan menghentakkan kopling dengan gigi 1 masuk, hanya buat nglepasin cengkraman rem atau bisa juga starter mobil dalam posisi gigi masuk…. setelah rem normal segera bawa ke bengkel untuk diservice tetapi semua saran ini dilakukan hanya dalam keadaan mendesak … namun lebih baik tidak dilakukan.

    Trimakasih
    salam : ferozasemarangcommunity@yahoogroups.com
    nhanhoenk.blogspot.com

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D