Masalah Vixion Ane Ga Kelar Kelar :(

Assalamu’alaikuuum 😀

Selamat malam semuanyaaa

Selamat beristirahat ya semua dari rutinitas sehari hari 🙂 semoga apa yg kita lakuin hari ini semuanya berkah 😀

Hmm okey deh ane mau curhat aja tentang masalah masalah di pitbi ane yg gak kelar kelar niih hmm 😦

Image

Yak kawan kawan ane mau curhat nih banyak bgt masalah di vixion ane 😦 , paling utama di kaki kaki belakang nih mas bro. DI bagian transmisi juga bermasalah :(. Ane udh bolak balik kebengkel, udh ganti ini itu tetep aja masalahnya gak kelar2 😦

Maklum deh motor udah taun tua :mrgreen:

Okey deh nih masalah – masalahnya:

1. Rantai / Gear Set

Image

Nih ini dia nih biangnya yg ngebikin kaki kaki belakang ane pada konser 😦

Rantaii nya berisiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik banget sumpeh, bermula dari pas ane lg nge cek cek si pitbi kok dari rante ada suara yg gaenak bgt didengernya, cekrak cekrek, rantenya juga gangnam style mulu 😦 , feeling ane sih gir nya dah aus sama rantainya dah jelek, kondisinya juga lg kendor wkt itu :mrgreen: yauds ane coba setel rante dewekan + kasihin chain lube (kondisinya masih rada basah) eeh masih aja nih bunyi bunyi 😦 , ane cek lagi ternyata benar! gir nya dah pada lancip lancip boor! gapake acara yg lain langsung caw kebengkel terdekat!

Tanya tanya sama mekaniknya, ternyata bener nih girnya udh aus, depan belakang pula 8O. Langsung ane ganti pake punyanya pio yg belakang sm depan punyanya ori vixion, lumayan mahal siih harga dibawah cepek. ya mungkin gir nya udh aus garagara kurang makan eh garagara bobot kaki kaki terlalu berat, velg ane vrossi palang 3 ukuran 2.5 ama 3.5 trs ban corsa s123 tubeless depan 100/70-17 ban belakang 120/70-17, yaa ukuran segitu sih buat gir set vixion keberatan yaa. Yauds abis ganti pake ukuran gir yg lebih gede ukuran 44 (punya pio) kan punya piksen 42, bunyi bersisik ilang tarikan jd enteng bgt, kalo kata orang orang sih tarikan jd kyk awal, tapi ane kagak tau tarikan awal kyk gimana, orang ane punya pitbi aja bannya udh 100/70 ama 120/70 (velg std) jd mana tau dah tarikan awalnya kyk gimana. Tapiiiiii sayangnya top speed nurun, wkt itu lg dijalanan menuju cilandak, ya walopun belom nyampe limiter baru di RPM 9.000 gigi 5 jarum speedometer nunjukin angka 110 kpj, kalo make gir set orinya yaa sekitar 124 kpj. Tapi gapapa lah ngapain nyari top speed gede gede, dijalanan jakarta juga macet yg paling sering kepake kan akselerasinya 😀

Terus rantenya gimana nicc? mekaniknya bilang rantenya masih lumayan bagus, masih layak pake, wokeeh ane pake aja deh

IMG_2683

Setelah 2 bulan ane pake gear set ala aul, sekarang giliran rantenya yg bunyi 😦 . emang sih harusnya kalo ganti gir musti sekalian ganti rantenya juga soalnya nnt komponen yg diganti duluan ausnya jd lebih cpt misalnya ganti gir rante gak ganti nnt gir barunya cepet aus, dan juga sebaliknya CMIIW. Akhirnya terpaksa pitbi gak ane bawa sekolah drpd kenapa kenapa dijalan soalnya udh berisik bgt rantenya, takutnya putus harapan dijalan kan nnt galau :(, akhirnya sama Mas A dibawa ke bengkel tempat ganti gir, sm mekaniknya diganti rante apa yaa lupa mereknya (merk abal2an) harganya 85.000 ukuran standart piksen 428, cakep sih warna emas, warnanya nyolok tapi gak sempet difoto, pake foto ilustrasi aja yaa dari gugel. Kata mekaniknya “ini udah yg paling ganteng loh tong rantenya (buat ditoko dia) scorpio aja make rante ini”

okedeh dibawa 1 minggu ga masalah 2 minggu gamasalah deket2 satu bulan lebih hayaaah berisik lagi dah. Makin geregetan nih ane sama penyakit ini, akhirnya ane bawa ke afmos yg specialis vixion, sama koh afmos dicekin kenapa ni rante berisik, pas diliat ternyata ni rante kaku mas gan!! sm koh afandi diputer pelan2 terus dari rantenya kyk ada yg jendol gitu dah 😯 , of course ganti gear set (lagi) kalo yg digantiin koh afandi bagus nih merk SSS ukuran 14:43 harganya 375 rebu, niatnya kesono sekalian mau masang rumah kopling 6 per gataunya budgetnya cuma cukup buat gear set aja, yaudah utamain yg penting dulu deh, btw koh afandi ngerjainnya juga teliti bgt loh, pas dia lg muterin roda dia langsung tau bosh roda udh kena, pas dicek buseeeh bosh rodanya pecah mas bro!! koh afandinya aja juga kaget wkwkwk. abis itu ganti bearing gear juga, mantep deh emang :mrgreen:

ane lupa lagi moto gir set SSS nya :mrgreen: ngambil dari gugel aja yah

kalo gir set SSS ini mantep niih gak bawel dia.

Tapi pada suatu hari ane lagi jalan lumayan kenceng lah sekitar 90 kpj, tibatiba ban ane kyk nginjek sesuatu yg bikin ban belakangnya bocor :(, abis ditambel trs diisi angin kok masalahnya tambah banyak, kaliper belakangnya jd ikut gangnam style sambil nyanyi, rantenya juga jadi bunyi, bannya kalo diputer jadi ada suara gruduk gruduk gitu haduuuuh 😦 baru tenang sedikit udh ada masalah lg nih motor. Ane coba tanya2 ke vixus, katanya masalah berisik itu garagara gir depan sm gir belakang gak sejajar, wah baru tau nih ane, udh pernah ada yg ngalamin hal ini?

Akhirnya ane kasih motor ke Mas A lagi buat dibawa kebengkel tempat ane ganti gir, ane gabisa ikut soalnya ada kompetisi futsal antar kelas. Pulang pulang ane kaget kok gear set nya diganti (LAGI) jd merk indoparts ori piksen ukuran 14:42, ane yakiiin bgt ini bukan garagara gear setnya tapi huuuh apa daya nasi udh ada didalem perut, akhirnya gear set SSS ane simpen. mekaniknya bilang ke Mas A “bang ini motor ban sama velgnya kegedean jadi mau gak mau setiap sebulan sekali musti ganti gear set” , walah teori apaan tuh kyk gitu? apakah hukum gay lussac? ato tekanan fluida dinamis? apakah teorema phytagoras? ane sama sekaliiiiiii gak yakin sama apa yg diomongin tuh mekanik, tanya2 lagi ke vixus, pernyataan tadi malah diketawain -__- mungkin kalo orang yg make velg lebar sm ban lebar kebengkel ane td bakal disuruh ganti gir set kali ya tiap bulan, udh kyk ganti oli aja dong :mrgreen:

dan sampe sekarang ane make gir set indoparts dan……………………masih aja bunyi :):D. mungkin pembaca ada yg tau ini masalahnya dimana? 😀

2. Rear Disc Brake

Yak problem ini ada dua nih

Yang pertama entah kenapa RDB ane sering bgt bunyi, kalo bunyi kan kemungkinannya ada dua tuh bisa kampas rem abis bisa garagara kotor, nah ini setiap pulang sekolah pasti kalo direm bunyi nyit nyit mulu padahal sering bgt ane siram nih RDBnya biar gak bunyi mulu  tapi tetep aja ya bunyi terus

kyk gini nih ane siram, tapi ini kan disc brake depannya

Yang kedua nongol setelah ban ane bocor, kalipernya jadi goyang + berisik :capedes: bunyinya kedengeran bgt pas berangkat solat subuh kemasjid dijalanan alus ada bunyi cekrek cekrak, pas sampe rumah cek cek apa yg bawel, ternyata kalipernya goyang mas bro 😦 ane tanya kebengkel tempat masang gir dia jawabnya “inimah gapapa”……………………….

Hmm setelah ane baca baca dari komen kawan kawan semua, ternyata kalo cakram ane bunyinya rada seret bisa jadi bracket bracket ama bosh nya gak presisi, ato gak pas, ya namanya cakram bikinan pasti ada masalahnya tp ada ni video kiriman dari bro Virus, dia dah aplikasiin velg vrossi palang 5 ama RDB apa ane lupa merknya katanya sih KW tapi puteran rodanya beeeeh mulus, gak ada suara seretnya, buat rem juga nyoosssss, ane dulu rdb kw aja baru 3 minguu udeh bocor minyak remnya 😆 nih dia Videonya, thanks to bro Virus 😀

3. Transmisi

Yg ini juga lumayan menguras duit nih 😦 . Entah kenapa sekarang kampas kopling ane cepet bgt abisnya

Kejadian ini bermula abis 2 minggu ganti karet kopling, soalnya karet koplingnya udh jelek , nah terus kok tenaganya jadi loyo sih.. ane coba cek kebengkel resmi, walaaah kampas koplingnya udh gembel mas bro! kyknya baru 4 bulan lalu dah ganti, ya mungkin garagara karet kopling udh jelek terus ane paksain ngebut jadi gini dah hasilnya, karet kopling mulai gembelnya juga udh lama sekitaran 1 bulan 😯 , ternyata bener emang kampas koplingnya udh jelek, yaudah diganti deh pake punya pio sekalian ganti per koplingnya di Bengkel lain

terus langsung pulang, eh nyampe rumah kok koplingnya ditahan tp masih jalan motornya, jadi daya mesin ke transmisi gak putus sepenuhnya, waduh setelannya gak bener nih, besoknya ane bawa ke bengkel tempat ane ganti gir, disitu emang jago dia masalah kopling, ternyata mas bro……….. kampas kopling yg kemaren itu dikasih yg jelek, dikasih tau sm dia tuh ada yg gabagus dimananya gitu ane lupa, terpaksa deh ganti lagi, untung duit lebaran masih banyak… sama mekaniknya diganti pake kampas kopling ninja :D.

Udah 5 bulan masih bagus sih, tapi skrg tenaganya udh loyo lagi 😦 mungkin udh abis lagi nih kampas koplingnya 😦 idealnya kan motor ganti kampas kopling itu 2 tahun, ada yg tau gak kenapa kampas kopling ane cpt abis mulu? apa gara gara rumah koplingnya oblak kali ya?

Okede itu aja curhatan ane tentang masalah motor yg mau 6 tahun ini :mrgreen:

sekiaan 😀

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in My Vixion, RD2 and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

192 Responses to Masalah Vixion Ane Ga Kelar Kelar :(

  1. Puji Ipoet says:

    Ane pake:

    1. Gear set + rantai Sinnob harga 580rb oke gak berisik, tetap dorceng (kendor kenceng) tapi gak separah rantai ori (yang harganya hampir sama)

    2. Kopling + per scorpio, mantab di angkatan

    3. Oli Motul 5100 sae 15-50

    4. Pertamax

    5. Busi Iridium Denso

    Sudah 3 tahun ini masih greng!!! Udah 27.000 km.

  2. dani says:

    Sodara sodara ane pnya masalah di komstir vixon ne, yang asli di deler kosong trus, ane mw cari yang imitasi tpi yang bagus n merek nya pa ya gan?

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D