Gejala karet kopling vixon udah jelek

Pagi semuanya😀

Skrg gw mau berbagi pengalaman tentang something yg aneh sama piksen gewe.

Yak berawal dari 2 bulan abis tu motor di servis besar + turun mesin di beres yamaha pamulang, motor gw mengalami gejala gejala aneh. Mulai dari bunyi mesinnya yg gede bgt kalo tuas kopling dilepas tp kalo diteken ilang, terus tu motor kalo mesinnya teriak (RPM gede) tapi larinya kagak ada, bunyi bunyi berisik dari blok mesin, motor suka ngeden kalo abis ganti gigi.

Posisi karet rumah kopling itu diapit oleh gigi sekunder dan bagian rumah kopling. Jadi bila karet sudah aus hanya bisa dirasakan dan menimbulkan bunyi berisik sebab sosoknya tidak bisa langsung terlihat.

contoh karet kopling dari gugel

Waktu gw selesai sekolah trs abis nganterin cewe gw, tibatiba ni motor knalpotnya nembak ditanjakan. Gw kira ni masalahnya di mesin, yowes gw langsung bawa ke tempat BERES yang waktu itu gw over haul. Cuma bayar biaya servis. Kata mbak2nya emang kalo abis over haul gitu beberapa minggu disuruh balik lagi buat ngecheck2in.

Mendingan sih, tapi masalah suara mesin gede + ngeden abis ganti gigi masih ada aja, gw mau balik lagi ke BERES tp ada urusan kerumah. Besok besoknya karena gw ga sempet ke BERES (rada males juga) akhirnya ni motor gw paksa buat harian.

Wooghh makin parah aja kondisinya, bunyinya makin gede juga terus perpindahan giginya jd aneh, giginya pdhl udah gw teken bgt tapi kyk baru masuk setengah, pas lepas kopling baru bisa masuk tu gigi sambil berirama “cekrek”

Karena gw ga sempet meriksa2 ke BERES akhirnya gw nanya2 di forum buat vixion. Mereka bilang kena karet koplingnya. Besoknya gw sempetin ke BERES buat ngeganti karet koplingnya, udah 3 bengkel gw datengin tapi kagak ada yg punya tu karet kopling, buseet ternyata langka juga ni mahluk😮 .

Terus gw mesen sama BERES yg lokasinya searah sm jalan pulang gw buat beli karet kopling. Nah hari jum’atnya untung sekolah gw pulangnya lagi cepet, langsung deh selesai solat jum’at + pamitan sama cewe gw😀 gw langsung cabut ke BERES itu bareng temen gw yg scooterist. Ternyata bener karet koplingnya kena, 2 jam gw & tmn gw nunggu kok tu motor kaga selese2, pdhl motor laen yg dateng belakangan udah selesai duluan😐 . Terus mekaniknya nyamperin gw dia bilang “bos motornya musti nginep nih, soalnya barangnya belom ada terus nnt mau dibawa ke tukang bubut dulu” . Okeh akhirnya tu motor gw tinggal dan gw balik bareng temen gw tadi yg rumahnya bersebelahan sm rumah gw😀

Besok paginya jam 10 ane ambil tu motor dan gejala gejala tadi udah ilang😀 totalnya semua 120 rb. Karet kopling harganya 85rb

Bagi yg ngerasa karet koplingnya dah jelek mendingan cepet cepet ganti aja gan, soalnya kalo didiemin bisa bisa kampas & rumah koplingnya kena. kalo rumah kopling & kampas kopling dah kena harganya tambah mahal lagi gan, bisa diatas gopek.

Faktor faktor yg ngebuat tu karet kopling jelek bisa jadi karena:

1. Parts nya udah berumur (lama)

2. Kebiasaan rider nya yg suka neken kopling cuma setengah.

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in My Vixion, Pengalaman, RD2 and tagged . Bookmark the permalink.

33 Responses to Gejala karet kopling vixon udah jelek

  1. pengen ngakak aja says:

    sip infone

  2. dwiajioke says:

    nais inpoh kk….:thumbup

  3. mbahmusih says:

    di bengkel mana tuh broo.. soale ane jg punya masalah yg sama nihh.. bunyi kasar deg deg kya gitu deh.. kl kopling di taring alus.
    menurut salah satu blog. rumah koplingnya oblak itu sebenarnya penyebabnya karet kopling.
    thanks bro mohon di bls secepatnya. ane di lebak bulus.

    • bengkel apanya mas bro?
      ane pereksa itu dibengkel resmi yamaha

      mendingan diliat dulu deh, kalo ganti satu set rumah kopling muahal mas bro, mendingan sekalian ganti rumah kopling 6 per di afmos:mrgreen:

  4. krisman says:

    mas beli dimana karet kampas kopling nya?? bisa tolong di pesan ga, send ke saya ya by email saya ya …

  5. nanda says:

    bro cuma sekedar tanya nih, saya sering neken kopling cuma setengah. trus lama-lama kok timbul suara berdecit kayak ‘tikus’ dan di handel kopling tu kerasa getarannya. apa itu juga gejala karet kopling juga? atau kampas koplingnya udah ikutan kena?
    gejala motor saya mirip-mirip dengan cerita diatas bro😦

  6. bagus says:

    120 ribu itu termasuk servis +bongkar blok mesin kanan ya bro>>>>>trus bunyi mesin jadi alis kagak????punya ane malah sentakannya kenceng banget kalo masuk gigi n ke 1

  7. salam VIXI, mu tanya bro situ beli karet kopling VIXI dmana? gw mau bli karet kopling buat VIXI di BERES kebon jeruk adanya gandeng ama rumah kopling jd 400rban. Alhasil g jadi beli. mohon bantuannya saudara..
    sentakan n-1 agak kenceng tu malah masih baru y ternyata kampasnya?

  8. dimasarif96 says:

    wah kayanya saya kena nih karet koplingnya -.-

  9. Acun says:

    Bro, mau tanya nh, vixi ane qlo lg narik tuas kopling qo ada bunyi ” klik ” kdg malah bunyinya 2 kali, nah bunyi nya itu ada di bgian blakang dkt lampu blakang d kotak yg ada tlisan “omron n yamaha” dsamping kotak yg ada tlisan denso,, itu knp ya bro? Mhon bgt pncrahannya bro, jd bkin khawatir nh. .

  10. Acun says:

    D atas stop lamp bro, d atas kunci untk bka jok itu loh, itu bunyi klik2 gt stiap narik tuas kopling, tp qlo lg N masuk k gear 1 ga bunyi, slbihnya bunyi, wajar toh? Maklum newbie nh bro, makash n maaf mrepotkan bro.hehe

    • keknya sih wajar
      soalnya piksen ane juga dulu gitu

      ane sempet bingung juga kan tuh kalo kopling ditarik ada bunyi klik klik gitu

      pas ane cari gataunya ada dideket kiprok tuh dkt diatas stoplamp

      kalo ragu coba aja bro tanyain kebengkel ini kenapa, nanya kan gratis gak bayar😀

  11. Acun says:

    Hehe gpp, udah yakin dr pncrhan bro aulia, thanks ya bro,hehe

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s