Janji Manusia Pada Hajar Aswad

selamat siang brother sister😀

Waah lagi musimnya orang naik haji ya😀

mau share aja nih tentang Batu Hitam dimekah a.k.a Hajar Aswad

Pada salah satu sudut bangunan Kabah terdapat sebongkah batu berwarna hitam pekat. Batu hitam itu konon bukan batu sembarangan. Batu tersebut dikenal dengan nama Hajar Aswad (Batu Hitam)

Dahulu, Hajar Aswad berupa satu batu yang berdiameter ± 30 cm. Akibat berbagai peristiwa yang menimpanya selama ini, sekarang Hajar Aswad tersisa delapan butir batu kecil sebesar kurma yang dikelilingi oleh bingkai perak. Namun, tidak semua yang terdapat di dalam bingkai adalah Hajar Aswad. Butiran Hajar Aswad tepat berada di tengah bingkai. Butiran inilah yang disentuh dan dicium oleh jamaah haji.

Hajar Aswad berasal dari surga. Awalnya batu ini berwarna putih. Namun, dia menjadi hitam disebabkan oleh dosa manusia. Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya, “Hajar Aswad turun dari surga dalam keadaan lebih putih daripada susu. Lalu, dosa-dosa Bani Adam lah yang membuatnya hitam.” Demikianlah, bagian dalam Hajar Aswad berwarna putih, sedangkan bagian luarnya berwarna hitam.

Ketika Umar Ibnu Khatab RA. menunaikan ibadah haji, beliau minta dipandu oleh Imam Ali bin Abi Talib RA., karena Ali memiliki ilmu-ilmu agama yang lebih luas dibanding Umar. Tatkala selesai tawaf 7 putaran di depan Hajar Aswad, Umar berkata, “Kamu hanyalah batu, tidak akan mendatangkan manfaat dan mudarat, jika aku tidak melihat Rasulullah menciummu, aku tidak sudi menciummu,” kata Umar. Ali yang ada di sebelah Umar berucap, “bukan begitu Umar, batu ini akan menjadi saksi bahwa kamu telah memenuhi janjimu kepada Allah yang kamu ucapkan sebelum kamu lahir di bumi”, lalu Ali menafsirkan ayat 172-173 dalam surat Al-A’raf, ketika Allah SWT. menciptakan Adam dan Hawa dan semua anak-cucu Adam dan Hawa yang akan lahir di planet bumi ini, mereka telah berjanji bahwa jika mereka lahir di bumi tidak akan mengabdi dan tidak akan mempertuhankan selain Allah SWT. Dengan ucapan Balaa alastu birabbikum ?, “bukankah Aku ini Tuhanmu ?”, tanya Allah, lalu mereka menjawab, Balaa, “betul, Engkau adalah Tuhanku.” Janji setia itu semua tertulis di dalam Hajar Aswad, Orang yang datang beribadah haji atau umrah dengan mencium Hajar Aswad atau memberi salam, mereka itulah yang setia memenuhi janji mereka yang diucapkan ketika masih berada di alam “Dhar” (bentuk terkecil calon manusia) dan ada juga yang menafsirkan sebagai alam arwah,

Ohiyaa Hajar Aswad akan memberikan kesaksian kepada orang Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah, batu itu akan dibangkitkan oleh Allah pada harl kiamat dengan dua mata yang bisa melihat, lidah yang bisa bicara, dan mampu memberikan kesaksian kepada orang yang telah menyentuhnya dengan benar.” (HR Tirmidzi dan Hakim)

Di dekat Kabah, tak jauh dari posisi Hajar Aswad, terdapat sebongkah batu lain yang dalam sejarah dikenal sebagai tempat pijakan kaki Nabi Ibrahim AS sewaktu merenovasi Ka’bah. Tempat kaki Nabi Ibrahim berpijak itu saat ini dikenal dengan Maqam Ibrahim (Tempat Berpijaknya Nabi Ibrahim).

Maqam Ibrahim adalah salah satu tempat yang istimewa di dalam komplek Masjidil Haram, sebab bagian belalangnya menjadi tempat dilaksanakannya shalat sunnah dua rakaat. Shalat tersebut dinamakan shalat sunnah dua rakaat tawaf.

Pada rakaat pertama kita dianjurkan membaca surat al-Kafirun dan pada rakaat kedua membaca su- rat al-lkhlash. Allah SWT sendiri yang memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk menjadikannya sebagai tempat shalat. Hal tersebut disebutkan dalam firman Allah SWT, “Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.”(QS Albaqarah: 125).

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
Aside | This entry was posted in about islam and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Janji Manusia Pada Hajar Aswad

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s