Ban Basah dan Ban Kering nih borr

Selamat malam bro sis😀

Sebelum tidur nyempetin bikin artikel ah..

Artikel apa nih.. Hmm artikel tentang ban basah dan ban kering aja ya..

Ide ini nongol gara gara abis nonton Motogp Last season di Valencia nih, banyak korban kecelakannya gara gara trek nya gajelas. Banyak yang make ban basah eh ndlosor, ganti ke ban kering eh ndlosor juga waduhh. Pada nonton gak nih bro sis?😀

Lalu apa sih itu ban kering (slick) dan ban basah (semi slick)?


Perumpamaannya gini kan ada sampah kering ama sampah basah tuh, tentu ban juga punya alasannya sendiri. Maksudnya tipikal ban jenis basah dan kering memang disesuaikan dengan iklim cuaca kita yang antara kemarau dan penghujan.

Ban Basah

Bro bisa perhatiin deh alur ban jenis basah yang banyak alurnya untuk membuang air saat ban melintas di jalan. Penggunaan ban basah saat kondisi jalanan kering sebenarnya juga jauh lebih aman loh daripada penggunaan ban kering saat hujan. Tapi jangan sampai milih ban karena alurnya saja. Motif alur yang ada di ban mempengaruhi kinerja ban saat melewati jalanan berair, alur tersebut berfungsi untuk menyimpan air dan membuangnya sehingga bagian ban lain dapat menapak di jalanan dengan sempurna.

Ban Kering

Ban slick yang tidak mempunyai alur berbahaya untuk jalanan berair atau basah karena saat melindas genangan air, ban tidak bersentuhan langsung dengan jalanan, namun dibantali dengan genangan air tersebut, sehingga rentan untuk terpeleset. Kita juga bisa melihat arah atau rotasi ban buat mengalirkan air. Jika alur itu sampai ke shoulder (pertemuan antara telapak dengan dinding ban), maka air mudah disalurkan.

Keausan Ban Kering :

Indikator keausan ban  kering berbentuk cekungan atau menyerupai lubang dengan diameter tertentu pada bagian telapak atau crown ban. Jadi pada ban slick tidak benar-benar rata, tapi ada beberapa cekungan-cekungan kecil sebagai TWI-nya. Kalau cekungan itu sudah hampir rata / tidak kelihatan, berarti kompon ban sudah habis. Sama halnya dengan ban biasa yang ditunjukkan oleh alur yang sudah hampir rata juga. Berlaku untuk sepeda motor, mobil, maupun gokart.

Ban yg dipake buat balapan MotoGP jika dalam kondisi lintasan kering adalah ban tipe Slick yang dibagi dengan 3 jenis yaitu Kompon keras(High), sedang(Medium) atau Lembut(Soft).

Dari ketiga ban jenis Slick itu mempunyai fungsi tersendiri, tergantung dengan cuaca, suhu aspal pada lintasan atau trek serta tergantung kemauan sang pembalap. Ban Slick khusus digunakan pada saat lintasan atau trek itu dalam keadaan kering bukan dalam keadaan lintasan basah akibat hujan. Tetapi jika hujan tidak begitu deras dan kemudian kering penggunaan ban slick akan kembali menjadi efektif.

Sebaliknya juga begitu dengan ban Semi Slick atau ban basah. Ban basah ini dibuat untuk menciptakan panas di kala lintasan terkena guyuran hujan. Jika lintasan mengering, ban cenderung overheat atau meleleh karena kompon ban basah ini sangat berbeda dengan ban lainnya.

Lalu ada 5 Hal tentang Ban Kering dan 7 Hal tentang Ban Basah yg dikutip dari twitternya @MTRJakbar

– 5 Hal tentang Ban Kering:

  1.  Ban slick bisa juga disebut Ban sirkuit. Dan biasa digunakan pd arena balap internasional
  2.  Karena biasa digunakan buat balapan. Ban ini memiliki harga yg selangit
  3.  Namun ban jenis ini hanya dpt digunakan dalam kondisi sirkuit kering.
  4.  Ciri yg jelas dimiliki ban slick adalah ban ini kagak punya alur. Tapi gripnya kuat
  5.  Ban ini dibuat dgn komponen yg sangat lunak. Sehingga daya tahan kurang begitu awet

– 7 Hal tentang Ban Basah:

  1.  Ban basah. Ban yg dibuat khusus untuk track dgn suhu rendah/dlm keadaan basah
  2.  Ban jenis ini memiliki alur yg mirip dgn ban jenis offroad
  3.  Dpt juga sebenarnya digunakan pd track kering. Namun akan cepaaat sekali aus
  4.  Ban ini memang didesain utk mencari grip saat track hujan dan tertutup air
  5.  Alur pada Ban Basah dibuat sangaat banyak. Bertujuan agar grip maksimal meski hujan
  6.  Komponen yg digunakan pada ban ini sangaat lunak. Sehingga tdk bertahan lama
  7.  Meski seperti ban jalan raya. Namun sebenarya hanya bs digunakan pada arena balap

About Muhammad Aulia

Agan ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.
This entry was posted in RD2 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Ban Basah dan Ban Kering nih borr

  1. vixy182 says:

    nice info bro…., tapi genzi kok licin ya di trek basah🙂.. Padahal alur nya seperti pict no 1 itu…

  2. kharis27 says:

    ajib bro penjelasannya.,.,,.,.ane pake ban FDR evo kalo trek basah atut hehe apalagi kalo lagi nikung,,,

  3. bagas29ps says:

    Punyaku depan pake IRC Road winner
    belakang pakai Corsa S123.
    yang ban depan kok lumayan licin yah..😦

  4. Gmc Paradise says:

    Sesuai pemakaian kondisi dan situasi
    mampir http://gombongmotorcommunity.com

  5. Wiro says:

    Perasaan masih ada satu jenis ban lagi deh… Kalau nggak salah, tipe INTERMEDIATE. Bener nggak yah saya….??

  6. daivan says:

    Kalo ban biasa yang dijual umum ada tingkatan komponnya nggak ya? —

  7. bimo96 says:

    di daerah ane banyak motor anak muda pake ban slick😀 ., . .pas hujan gak berani jalan😀

Titip link boleh, titip kopi juga boleh :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s