sore bro sis 😀
di postingan kali ini gw mau nulis about air filter
Sebelumnya ane kasih tau dulu pungsi pilter udara itu apa, pungsinya ituuu menyaring udara bebas dari luar yang mau masuk ke ruang pembakaran ( tanpa assalamu’alaikum ) biar keadaannya tetep bersih kinclong sehat sentosa.
Terus tu udara yang udeh disaring tadi kemudian lari ke ruang pembakaran bareng ama bahan bakar. Kan udah bercampur niih udara ama bahan bakar, terus kedua jat ini berevolusi jadi gas laluuuuu OTW ke ruangan silinder.
Umumnya sistem filterisasi motor make tiga jenis filter utama yaitu busa (bukan spongebob yah), kertas dan kertas oli. Berbeda tipe, berbeda pula ngerawat dan ngebersihinnya. Nih dia tipe filter udara berikut tips daaaan perawatannya :
1. Tipe………. Busa ( Bukan Spongebob)
Tipe saringan udara ini, biasa dipanggil filter konvensional.
Tips:
- Filter model ini perawatannya lebih mudah dan untuk membersihkannya pun cukup dengan menggunakan bensin dengan cara direndam atau disiram, kemudian dikeringkan dan setelah itu disemprot dengan udara bertekanan tinggi.
- Biasanya, supaya kinerja filter dalam menyaring kotoran lebih baik lagi, sebaiknya filter dilapisi oli sebanyak +15 cc kemudian diratakan.
Filter tipe ini biasanya digunakan pada motor Vega 105 cc, Crypton, Jupiter 105 cc, Scorpio, RX King serta filter CVT untuk motor Matik.
2. Filter…………… Kertas
Filter udara tipe kertas atau biasa disebut “DRY ELEMENT“, mempunyai bahan yang lebih tebal sehingga tidak cepat rusak saat menyaring udara.
Tips:
- Untuk membersihkannya pun lebih mudah karena tinggal di semprot dengan udara bertekanan dari arah yang berlawanan dengan arah udara masuk dan dilakukan penggantian setiap kelipatan 9.000 km.
Tipe ini biasanya digunakan pada motor Jupiter Z, Vega ZR, Jupiter MX, V-ixion dan Byson.
3. Filter Tipe..Kertas…Oli
Tipe kertas berpelumas oli ini juga biasa di sebut “WET ELEMENT“. Bahan yang digunakan juga hampir sama dengan tipe kertas namun untuk wet element sudah memiliki pelumas khusus di kertasnya yang berfungsi untuk menangkap kotoran.
Tips:
- Menjaga Kebersihan Filter Motor khusus yang satu ini tidak memerlukan perawatan dan hanya perlu dilakukan penggantian saja setiap kelipatan 15.000 km. Filter tipe kertas oli biasa digunakan pada motor Mio dengan nomor mesin 28D, Mio Soul atau Soul GTdan Xeon.
- Untuk filter tipe busa dan tipe kertas, dalam kondisi normal seharusnya dibersihkan setiap 2000-3000 km, namun karena sekarang musim kemarau panjang yang menyebabkan jalanan penuh dengan debu, proses pembersihan haruslah lebih sering lagi. Bila perlu seminggu sekali wajib dibersihkan, tentunya disesuaikan dengan kondisi kotoran yang menempel pada filter tersebut. Sedangkan untuk filter udaratipe kertas oli, bila kondisi kotoran yang menempel sudah terlalu tebal, sebaiknya langsung dilakukan penggantian filter udara walaupun jarak tempuhnya belum mencapai 15.000 km seperti yang di sarankan buku petunjuk penggunaan motor.
What Happen Aye Naon kalo tu filter kotor?
Kalo udara yang masuk tadi bercampur dengan zat-zat asing dari luar, kayak debu, pasir, upil, batu batu kecil, batu kali… oh gamuat ya.., dan yang laen laennya yg penting kotoran. Maka tentunya akan berakibat fatal bagi kerja mesin motor, dampaknya piston, ring dan dinding silinder jadi aus.
Makanan eh makanya perlu adanya perawatan rutin buat filter udara ini. Motor – motor produksi AHM yang menggunakan 2 jenis filter udara yaitu dari Busa dan kertas, dimana untuk yang menggunakan kertas perawatannya lebih mudah.
wah jadi nambah pengetahuan dah
setelah membaca artikel diatas
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/paket-hemat-suzuki-hayabusa.html?m=1
pengetahuan bisa didapat dimana saja 😀
ajib,..,., vixion ane belum pernah ganti filter udaranya haha
waduh udh brp lama gak ganti tuh
udaah 3 taunan hehe tp bulan bulan kmaren dah ane ganti pake punya PSM bawaan pas beli set ckram belakang,.,.,,
loh ada filter udara merk psm bro? baru tau ane
itu bonusnya pasang rdb psm hehe
iya? wih mantep, performanya gimana bro?
ajib ..,. udara nyelonong trus hehe soalnya pas ane tiup tu filter psm udaranya nebus hehe beda sama filter ori vixion nah bahanya bukan kertas tar ane review skalian sama knalpot monza blue co+10 yah hehe
sipsip ditunggu bro kharis 😀
udh pernah nyoba filter jfc gp ato ferrox bro?
biasanya langsung service aja hehehehe
mampir2 http://gombongmotorcommunity.com/
sama bro, kalo benerin sendiri malah kagak bener nanti
Kalau motor saya Supra X 125, gimana cara merawatnya kak Brigade 😀
panggil aul aja bro 😀 waah kurang tau ane bro. Mungkin sama caranya sering dicuci. tapi kalo gamau ribet ya bawa aja kebengkel 😀
kalau matic dmn kang?
mampir http://gombongmotorcommunity.com/
apanya om yg dimana?
http://gombongmotorcommunity.com/jupiter-z1/