Pagi semua brother and sister 😀
Di postingan kali ini saya mau mengulas tentang hal hal yang disepelekan saat ganti oli. Banyak yg biasa ganti oli sendiri, tapi jgn asal asalan gantinya. Bagi yang ingin tau cara mengganti oli sendiri, bisa dilihat postingan om yudibatang di sini
Nih ane kasih hal hal yang ngga boleh dilakukan saat ganti oli, artikel ini bersumber dari otomotifnet .
1. Membuka baut pembuangan oli pada saat kondisi mesin masih panas
Sebaiknya, mesin dibiarkan menjadi dingin terlebih dahulu. Tujuannya agar saat membuka baut oli tidak slek. Tujuan lainnya, supaya oli lebih banyak turun ke bagian crankcase. Ketika oli sudah turun, harapannya mampu mengurangi jumlah oli kotor yang tertinggal di dalam mesin.
2. Hati hati dalam memasang baut oli & jangan sampai miring
Jangan sampai ring tembaga atau ring almunium tertinggal. Kalau sampai tertinggal bukan tidak mungkin akan terjadi kebocoran oli mesin.
Serta berhati-hati pada saat memasang baut oli jangan sampai miring. Pakai tangan dulu sampai baut oli sulit untuk diputar, lalu lanjut dengan menggunakan kunci. Kalau sampai slek bisa repot. Harus turun mesin buat membuat drat baru.
3. Tuang Oli Sesuai Takaran
Baut oli kan udah terpasang dan udah dikencengin, sekarang tinggal tuang olinya ke dalam mesin. Ingat takarannya harus sama dengan yang tertera pada bak kopling. Mesin yang diberi oli lebih dari takarannya, powernya malah ngedrop!
Otomotifnet juga pernah membahas tentang motor metik yg diberikan oli berlebih disini
Jadi bagi brother sekalian yg ingin mengganti oli sendiri sebaiknya perhatikan hal hal diatas
pernah dulu masih keadaan mesin panas ane langsung buka baut pembuangan oli eh yang tuh baut slek .,,.,. akhirnya ane ke beres sekalian ganti baut.., ganti baut 11 rb hehe
Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your site is great, as well as the content!. Thanks For Your article about Hal – Hal yang di Sepelekan Saat Ganti Oli BRIGADE 15 .