sore semuanya 😀
Kali ini gw mau berbagi pengalaman yang cukup pait bersama viksen gw 😀
Photo ilustrasi dari blog orang 😀
Yak waktu itu sekitar jam 2 siang dihari Rabu, Jakarta sedang diguyur hujan dan sedang musim hujan juga. Untungnya gw masih merhatiin guru nerangin pelajaran (re: masih belajar belom jam balik) jadi gak kena ujan deh gw, cuma motor & helm gw aja yg lagi diguyur sm ujan di parkiran. Dan pada pukul 3 ujan pun reda.
*TEEEET* pukul set 4 sore bel pulang sekolah gw bunyi, langsung aja gw menuju mesjid sekolah buat solat ashar abis itu bakil ke rumah. Ketika keluar dari parkiran gw ngerasa tu ban motor keset bgt yg ternyata tromolnya ngunci yg dibahas disini. Selain itu klakson motor gw juga udh kyk klakson yg aki nya soak tp aki baru ganti 2 bulan yg lalu. Selama di parkiran sih indikator mesin belum nyala
Terus pas udah nempuh jarak 12 Km motor udh kerasa berat bgt, + lampu indicator nyala + Electric starter gabisa idup (motor sempet mati garagara salah lepas kopling). Gw lupa berapa kedipan yg pasti nyala. Oke gw bawa ke bengkel biasa bukan BERES soalnya dah pada tutup. Di bengkel itu tromol udh bener, trs gw coba coba tanya ke mekaniknya tau kagak problem kelistrikan yg lagi gw alami. Katanya sih aki nya udah jelek, pdhl baru ganti.
Besoknya gw paksa lagi tu motor buat harian tp tromolnya udh bener dengan lampu indicator nyala. Ane setiap hari lewat daerah ciputat, kebayang kan macetnya bagi yg tau? Tp ane lewat jalan tikus yg biasanya gak macet, gaktaunya.. macetnya lebih parah + jalanan sempit bgt hadeeh. Pas udah jarak 10 Kiloan motor ane tambah parah penyakitnya, jadi tu motor kyk gas nya di gas tiba tiba, jadi loncat loncat sendiri padahal gw gasnya normal + gasnya sering bgt gamasuk ( udh di gas pol tetep ga ada respon apa apa). Bayangin sambil macet kondisi motor kyk gitu :nohope:
Sampe sekolah telat 20 menit, untung gurunya yg jam pertama baek. Langsung aja ane sms mak ane suruh temen bapak ane yg waktu itu, suruh ngambil motor ane trs bawa ke BERES. Pas dia naikin juga sama problemnya, jalan 10Km keatas gejala gejala kyk tadi nongol lagi. Abis di check check sm mekaniknya ternyata yang rusak:
1. Regulator rectifier a.k.a Kiprok
2. Stator Assy
3. Busi
ganti oli & service yang ditotal semua biayanya Rp 550rb 😯 😯
Tapi setelah ane tanya di thread vixion community at kaskus (vixus) ternyata kyk gitu cuma gulung ulang dinamo starternya yg biayanya dibawah 100k 😯 nyesel ane gak nanya dulu, soalnya keburu panik 😦 yatapi nggapapa siih namanya juga motor udh berumur 5 tahun pasti banyak juga parts parts yg harus diganti 😀
walah kok rusaknya beruntun… padahal pny saya 2009 tiga-tiganya belum rusak.. 😦
mungkin faktor umur juga kali om 😀
wahh sama nich keluhanny..
gulung ulang dinamo starterny di beres ya bos?
iya bro
katanya dibawah cepek
Bagi2 nih gan,,
Kita jg pernah punya pngalaman stater vixion koit,,
Setelah semua komponen di cek,,ternyata arang(carbon brush) nya udah kandas..
Cari sana sini gak ada yg jual,,trpaksa cari subtitusi..
Nah kepunyaan suzuki crystal (RC series) yg paling pas ,,klop banget dengan kepunyaan vixion,,and problem solved 🙂
carbon brush emang fungsinya buat apa tuh gan?
susah juga ya kalo nyari part kyk gitu 😮